Computer-Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering di antara mitra yang berjauhan.Hasil CSCW biasanya disebut Groupware.
Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.
Tujuan Kerjasama:- Electronic commerce: Kerja sama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis.
- Rapat dan dukungan keputusan:Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan.
- Teledemokrasi: Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan, mencari konsensus melalui konferensi, debat,dan pemungutan suara online.
Pengelompokan Sistem Kerjasama
Matriks waktu-ruang untuk mengelompokkan sistem kerja sama (Ellis et al. 1991):
- Waktu Sama Tempat Sama 1.Group Decission Rooms Fugsi Khusus
- pengungkapan pendapat/ide-ide
- menyeidiki masalah yang tak terstruktur
- mengatur/memprioritaskan hasil
- voting/pengambilan suara
- Didedikasi khusus fasilitas konferensi berbasis komputer
- Dukungan real time oleh kelompok besar(5-50)
- memapaarkan sebuah proses pertemuan terstruktur
- domain dari MIS
- pertimbangan input devices
- input secara serentak
- interaksi widget yang baru
- persoalan teknis (O/S)
- bertentangan dengan aplikasi konvensional
- mendukung hubungan sosial dari kerja sama
- mice vs direct touch
- mengintegrasikan paduan meja/dinding untuk kolaborasi
- Inter-operasi antar perangkat
- Waktu Sama Tempat Berbeda 1.Video/Audio konverensi (Video/audio Converence)
- from text to 3d spaces
- can move between ‘rooms’ and/or around space
- seeing/manipulating artifacts
- self-representation (avatars)
- community of strangers
- shared purpose…
- Waktu Beda Tempat Sama 1.Papan pengumuman/mading
- Waktu Beda Tempat Berbeda 1.e-m@il
Proses Pengambilan Keputusan
2. Single Display Groupware
Pertimbangan orang menggunakan single display
3. Share Table/ Wall Display
*karakteristik perangkat
*social affordances of table/ wall displays
4. Roomware
Elemen ruang komputer-augmented:
5. Meeting Room
Suatu ruang pertemuan yang dirancang menggunakan peralatan komputer untuk pertemuan tatap mata. Rancangan ruang ini dapat berbentuk U atau C yang diatur mengelilingi layar monitor dan masing-masing peserta mempunyai masing-masing monitor. Sistem ini mendukung beberapa bentuk pekrjaan seperti penggunaan terminal secara pribadi dan sub group pada kegiatan teleconferencing atau email.
Sistem ini beroperasi dengan mode dimana semua layar peserta dan layar pada terminal pusat mempunyai tampilan yang sama. Hal ini dikenal dengan istilah WYSIWIS (what you see is what I see). Masalah pada sistem ini adalah jika beberapa peserta memutuskan untuk menulis pada waktu yang bersamaan.
6. Shared work surfaces
Merupakan suatu sistem yang menggunakan efek whiteboard, yakni suatu sistem yang mengatur para peserta menulis dengan tangan secara langsung ke layar besar. Tulisan ini akan dibuat film dengan kamera atau di capture secara digital dengan menggunakan layar yang sensitive.Tampilan tulisan satu peserta akan ditampilkan ke peserta yang lain.
7. Ruang Kelas
Proses belajar-mengajar di ruang kelas secara konvensional adalah dengan menggunakan ruang kelas dan fasilitas pendukung seperti papan tulis dan LCD Projector.Pelajar/Mahasiswa dan dosen/guru melakuan interaksi secara fisik atau nyata di ruang kelas.Di sini, baik tutor/pengajar dan mahasiswa/pelajar dituntut untuk menjadi insan yang independen. Apa artinya? Tutor/pengajar dituntut untuk kreatif dalam menciptakan konten/isi, sementara mahasiswa dituntut untuk aktif dalam memberikan pertanyaan, feedback, maupun kritik.
8. Ruang Praktikum
Praktikum adalah subsistem dari perkuliahan/sekolah yang merupakan kegiatan terstruktur dan terjadwal yang memberi kesempatan kepada mahasiswa/pelajar untuk mendapatkan pengalaman yang nyata dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa/pelajar tentang teori atau agar mahasiswa/pelajar menguasai keterampilan tertentu yang berkaitan dengan suatu pengetahuan atau suatu mata kuliah.
Perencanaan dan penilaian laporan praktikum oleh dosen/guru, penyusunan laporan oleh mahasiswa/pelajar, pengembangan materi oleh dosen/guru, dan belajar mandiri yang dilakukan mahasiswa/pelajar. Dengan demikian, jika setiap praktikum memerlukan waktu 4 jam, maka per semester hanya diperlukan 8 kali tatap muka. Jika setiap semester pelaksanaan tatap muka praktikum kurang dari 16 jam, mata kuliah tersebut tidak diselenggarakan secara baik dan pelajar/mahasiswa tidak memenuhi kredit seperti yang seharusnya tertulis dalam kurikulum.
9.Interview /wawancara kerja
Wawancara kerja (job interview) saat ini merupakan salah satu aspek penting dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan.Apapun penilaian pelamar (calon karyawan), wawancara kerja sebenarnya memberikan suatu kesempatan atau peluang bagipelamar untuk mengubah lowongan kerja menjadi penawaran kerja. Mengingat bahwa wawancara kerja tersebut merupakan suatu proses pencarian pekerjaan yang memungkinkan pelamar untuk memperoleh akses langsung ke perusahaan (pemberi kerja), maka “performance” wawancara kerja merupakan suatu hal yang sangat krusial dalam menentukan apakah pelamar akan diterima atau ditolak.
Bagi si pelamar, wawancara kerja memberikan kesempatan kepadanya untuk menjelaskan secara langsung pengalaman, pengetahuan, ketrampilan, dan berbagai faktor lainnya yang berguna untuk meyakinkan perusahaan bahwa dia layak (qualified) untuk melakukan pekerjaan (memegang jabatan) yang ditawarkan. Selain itu wawancara kerja juga memungkinkan pelamar untuk menunjukkan kemampuan interpersonal, professional, dan gaya hidup atau kepribadian pelamar. Jika di dalam CV (Curriculum Vitae) pelamar hanya bisa mengklaim bahwa dirinya memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik, maka dalam wawancara dia diberi kesempatan untuk membuktikannya.
Bagi perusahaan, wawancara kerja merupakan salah satu cara untuk menemukan kecocokan antara karakteristik pelamar dengan dengan persyaratan jabatan yang harus dimiliki pelamar tersebut untuk memegang jabatan / pekerjaan yang ditawarkan.
10.Survey/Penelitian
Penelitian survei merupakan suatu teknik pengumpulan informasi yang dilakukan dengan cara menyusun daftar pertanyaan yang diajukan pada responden.Metode wawancara tatap muka (face-to-face interview) merupakan cara untuk menguji tanggapan responden dengan bertemu muka atau berhadapan langsung. Kelebihan dari penelitian face-to-face interview adalah fleksibilitas, tingkat respon (response rate) yang baik, memungkinkan pencatatan perilaku non verbal, kendali atas lingkungan waktu menjawab, kemampuan untuk mengikuti urutan pertanyaan dan pencatatan jawaban seecara spontan, responden tidak bisa curang dan harus menjawab sendiri, terjaminnya kelengkapan jawaban dan pertanyaan yang dijawab, adanya kendali atas waktu menjawab pertanyaan, serta dapat digunakan untuk kuesioner yang kompleks. Sedangkan, kelemhannnya adalah biayanya yang mahal, waktu yang dibutuhkan untuk bertanya dan untuk berkunjung ke lokasi, bias pewawancara, tidak ada kesempatan bagi responden untuk mengecek fakta, mengganggu responden, kurang menjamin kerahasiaan, kurangnya keseragaman pertanyaan, serta kurang bisa diandalkan untuk mencapai banyak responden.
2.Instant messenger
3.Internet Phone
4.MIRC
5.SMS
6. Farmville
7. Point Blank
8. Group Editing
9. Netmeeting
10. Chat rooms/MUDS/Virtual worlds
- Space for meeting and interacting with people
2.Control Room
ruang kendali siaran televisi misalnya merupakan ruangan yang berisikan perangkat teknis utama penyiaran dalam mengontrol segala proses siaran stasiun televisi. Control Room menjadi pusat dari segala kegiatan produksi siaran yang ada di stasiun penyiaran televisi. MCR sangat penting karena semua materi siaran baik acara secara langsung (live) maupun rekaman di studio, atau kejadian yang langsung dari suatu lokasi di luar studio melalui OB Van atau mobil siaran, harus melalui MCR terlebih dahulu, sebelum akhirnya dipancarkan ke satelit. Materi siaran berupa iklan, logo stasiun televisi, program-program acara, running text dan sebagainya, semuanya telah disiapkan di MCR untuk ditayangkan.Informasi yang melalui pergeseran waktu pengambilan dengan waktu penayangan berita.
3.Post-it-notes
selembar kertas alat tulis dengan strip re-adherable perekat di bagian belakang, yang dirancang untuk melampirkan sementara catatan dokumen dan permukaan lainnya. Meskipun sekarang tersedia dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran, Post-it notes yang paling sering 3-inch (76 mm) persegi, kenari kuning dalam warna. A low-taktik yang unik perekat memungkinkan catatan dengan mudah menempel dan dihapus tanpa meninggalkan residu.
4.Shift work
suatu sistem pengaturan kerja yang memberi peluang untuk memanfaatkan keseluruhan waktu yang tersedia untuk mengoperasikan pekerjaan yang sama diruangan yang sama ditiap waktu yang berbeda
5. Application Sharing
adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan menggunakan suatu program aplikasi secara bersama-sama dengan pengguna lain pada jaringan network tersebut.
6. Share Diary
Ide dari sistem ini adalah sederhana yakni setiap orang menggunakan shared electronic diary, hal ini berlaku sama jika menggunakan personal komputer dan pocket organizers. Jika ada seseorang ingin membuat pengaturan pertemuan maka sistem akan mencari diaries semua orang untuk menemukan waktu yang kosong.
7. Argumentation tools
Komunikasi ini berbentuk dua arah dan melihat kontribusi masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mengkomunikasikan alasan pengambilan keputusan di antara perancang ditools/tempat yang sama dalam waktu yg tidak bersamaan(kapan saja mereka ingin postingkan alasan mereka).
8. Virtual office software
Kantor virtual adalah setiap lokasi di mana seorang pekerja menggunakan teknologi groupware untuk tetap berhubungan dengan kantor.
9. Calendaring
sistem kalender dianggap alat untuk sekretaris dan asisten administrasi untuk menjadwalkan pertemuan bagi orang lain. Perangkat lunak manajemen Kalender dapat meningkatkan kontrol penjadwalan pengangkatan dan manajemen waktu. Entri kalender, dijadwalkan oleh tanggal dan waktu, mungkin termasuk lokasi, deskripsi, dan agenda.
10.Meeting Tracker
Aplikasi di android yaitu Meeting Tracker yang berfungsi untuk mencatat dan mengingatkan bila ada rapat. Aplikasi ini bisa buat mencatat apa saja yang dibahas dalam rapat kemudian di publish di web dan membuat catatan dalam bentuk pdf dan kirim via email ke semua peserta rapat. Mengambil foto suasan rapat, video dan audio recording, dan langsung dishare via internet.
merupakan groupware tersukses yang ada. Email termasuk jenis komunikasi yang asynchronous (berbeda waktu) dan remote (berbeda tempat). Komponennya terdiri dari alamat tujuan (To), salinan (Cc) juga disertai dengan penanda waktu kirim.
2.Youtube.com
di banyak bidang untuk saling berbagi video (di bidang komputer yang menyajikan download software desktop).
3.SIMONEV
aplikasi perkantoran juga yang merupakan kerjasa sama dalam waktu yang berbeda dan tempat yang berbeda.Software SIMONEV adalah aplikasi penting untuk Pemerintah Daerah. Untuk memantau Anggaran dan Realisasi Keuangan Daerah dari semua SKPD-SKPD yang ada di Kabupaten/Kotamadya. Sistem Berbasis Web dan bisa diakses oleh seluruh SKPD-SKPD seluruh Kabupaten/Kotamadya.
4.Workflow
Workflow adalah fasilitas komputerisasi atau otomatisasi sebagian atau seluruhnya dari sebuah proses bisnis. Dokumen, informasi, atau task di proses sesuai dengan aturan prosedural yang berlaku.Workflow digunakan untuk koordinasi task antar user dengan tujuan utama adalah efesiensi, cepat dan menguntungkan. Workflow bertugas untuk mengatur aliran kerja dan aktifitas user.
5.Wikis
Wikis adalah situs yang bisa di edit oleh semua orang (contributors).Wikis lebih tepat digunakan untuk mengkoleksi konten konten dari berbagai macam sumber.Wikipedia adalah contoh Wiki yang terbesar dan terpopuler di dunia maya.Wikis juga berguna untuk pembuatan aplikasi seperti, Help, pembuatan asset, definisi dan akronims, kumpulan seputar proyek.
6.E-commerce
E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.Dengan adanya hal ini dapat mempermudah dalam hal berbisnis, tidak memerlukan tempat, antara penjual dan pembeli hanya cukup berkomunikasi dari tempat yang berbeda.
7. Scribd.com
Scribd.com adalah salah satu situs yang menyediakan diri untuk menyimpan dokumen anda, mencari dokumen milik banyak orang, ataupun saling berbagi dokumen antara kita dengan pencari dokumen. Dengan scribd.com, dokumen Anda akan relatif aman dan bisa anda buka sewaktu-waktu manakala anda terkoneksi dengan internet. Disamping itu, orang lain juga bisa memanfaatkan dokumen Anda untuk kepentingan mereka. Anda sudah beramal untuk itu.
8. 4shared.com
4shared memungkinkan bagi para penggunanya untuk dapat mengunggah dan mengunduh berkas dalam jaringan menggunakan perambah web. Bagi pengguna regular yang mendaftar secara gratis bisa mengunggah dan menyimpan berkas-berkas mereka hingga kisaran 10240 MB atau 15 GB ke dalam akun 4shared mereka. Namun bagi pengguna yang telah memverifikasi akun email mereka, maka kapasitas penyimpanan akan bertambah menjadi 15 GB.
9. Blog
Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
10. Listservs
Listserv adalah, Merupakan sebuah sistem distribusi mailing-list otomatis atau bisa juga disebut sebagai Komputer yang mengotomatiskan pengiriman e-mail (bertindak sebagai pusat distribusi untuk pesan-pesan e-mail).Salah satu contoh adalah EDTECH yang para anggotanya mendiskusikan topik-topik yang terkait dengan teknologi pendidikan.
1 komentar :
** BANJIR BANJIR BANJIR UANG DI MEJA **
VIPbandarQ - YOUR No #1 BandarQ Online Indonesia
----------------------------------------------
Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
BANDAR Q | ADU Q | DOMINO QQ | POKER | CAPSA SUSUN | Bandar Poker | Sakong (New Game) ----------------------------------------------
Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
----------------------------------------------
Bonus Terbesar di VIPbandarQ
1. Bonus Refferal TANPA SYARAT
2. Bonus Rolligan TIAP MINGGU
----------------------------------------------
Selalu Ada Kejutan Untuk Member VIPBANDARQ
----------------------------------------------
Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari
CS ONLINE 24/7
BBM : 55AB0E6C
INSTAGRAM : VIPBANDARQORG
SKYPE : VIPBANDARQ
FACEBOOK : VIPBANDARQ
www. VIPBANDARQ. org
Post a Comment