Program Grafis CorelDraw

Grafis adalah gambar yang tersusun dari kordinat-kordinat. Dengan demikian semua gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas-atas titik yang mempunyai nilai kordinat. Layar monitor berfungsi sebagai sumber kordinat x dan y. Pada desain grafis, desain dibagi menjadi dua kelpompok, yaitu desain bitmap dan vector. Grafik desain bitmap dibentuk dengan raster/pixel/dot/titik/point kordinat. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis , tetapi semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini menyebabkan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas filenya akan semakin besar. Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini tentu saja berkaitan erat dengan kemampuan monitor dan VGA (Video Graphic Adapter ) yang digunakan jika gambar tampilan bitmap beresolusi tinggi ditampilkan pada monitor dengan resolusi rendah akan mengakibatkan gambar terlihat kasar, bahkan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak jika dilakukan pembesaran gambar. Satuan grafis jenis bitmap ini adalah dpi (dot per inchi) yang berati banyaknya titik dalam satu inchi.

Grafis jenis vektor merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap(digital). Grafis ini tidak bergantung pada banyaknya pixel penyusun dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atau garis-garis. Tampilan akan terlihat jelas meskipun dilakukan pembesaran (zooming). Penggunaan titik-titik kordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermaca-macam bentukk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar, dan polygon. Dengan demikian, pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prossesor akan memakan banyak memori.

CorelDraw adalah salah satu software berbasis vektor yang banyak digunaka dalam industri desain grafis percetakan dan foto studio adalah Adobe Photoshop.

Grafis Keunggulan Kelemahan
Vektor Ukuran file dokumen yang dihasilkan kecil sehingga menghemat meori penyimpanan file Pemakaiann prosessor yang memakan memori lebih banyak sehingga komputer lebih lambat
Bitmap Pemakaian memori lebih kecil dibandingkan grafis vektor Ukuran file dokumen yang dihasilkan besar, sehingga membutuhkan memori yang lebih besar

Software yang digunakan untuk mengolah angka berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap tentunya berbeda, karena keduanya mempunyai sifat yang berbeda. Perkembangan terakhir memperlihatkan adanya peningkatan kemampuan software yang mampu memadukan kedua jenis gambar tersebut dalam satu program, misalnya di CorelDraw yang ditunjukkan untuk mengolah grafis berbasis vektor bisa kita sisipkan gambar berbasis bitmap dan dapat mengeditnya. Biasanya software yyang digunakan untuk grafis berbasis vektor adalah CorelPhotopaint, Adobe Photoshop, Ms.Picture it, Ulead Photolimpac dan sebagainya.

0 komentar :

Post a Comment